Jumat, 28 Februari 2014

SURAT DINAS, PRIBADI, DAN PEMBACA



LAPORAN BAHASA INDOESIA TENTANG MELENGKAPI SURAT DINAS, SURAT PRIBADI, DAN SURAT PEMBACA.












































  


PAPER INI DITUJUKAN UNTUK MELENGKAPI NILAI TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR.

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.

TAHUN AJARAN 2013/2014



KATA PENGANTAR



          Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkatnya yang tidak pernah habisnya mendampingi hidup saya sampai pada hari ini, saya bisa membuat paper untuk melengkapi nilai Bahasa Indonesia. Dan saya tak juga lupa untuk berterima kasih kepada rekan kerja saya, teman-teman, serta keluarga yang telah mendukung dan membantu saya selama ini.



            Dalam tugas paper kali ini saya akan mejelaskan tentang “Melengkapi Surat Dinas, Surat Pribadi, dan Surat Pembaca” yang sekiranya menjadi contoh bagaimana untuk melengkapi surat dengan baik dan benar, serta penggunaan bahasa Indoneisa yang baik dan benar.



            Oleh karena itu saya mendapatkan topik “Melengkapi Surat Dinas, Surat Pribadi, dan Surat Pembaca” agar dapat berguna dan bermanfaat bagi semua orang. Saya pun menerima kritik/saran dari saudara-saudara mengkin dapat membantu saya memperbaiki paper ini.











Jakarta, 13 Januari 2014









Penyusun.





























BAB 1

PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang.



Surat adalah suatu media komunikasi yang berupa tulisan yang berisi informasi, pesan, dan tanggapan yang sesuai dengan keinginan sang penulis surat tersebut. Surat dianggap efesien, efektif, ekonomis dan praktis disbanding dengan komunikasi lisan. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai diMesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi. (sumber : www.Wikipedia.org  – Surat )



Surat menyurat di Indonesia sendiri berkembang pada zaman Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 Masehi. Perkembangan surat menyurat sangat pesat. Karena perkembangan surat menyurat dari masa ke masa maka banyak kalangan yang mengenal surat dan mulai melakukan surat menyurat, bahkan dari antara mereka ada yang sampai memiliki sahabat pena.







B.     Rumusan Masalah



a.)    Apa pengertian dan jenis dari surat ?

b.)    Apa saja fungsi-fungsi surat ?

c.)    Bagaimana bahasa dalam penulisan sebuah surat ?

d.)   Bagaimana contoh surat dinas, surat pribadi, dan surat pembaca ?



C.     Tujuan



a.)    Untuk mengetahui arti dari surat yang sebenarnya.

b.)    Untuk mengetahui berbagai fungsi surat.

c.)    Untuk mengetahui bahasa penulisan sebuah surat.

d.)   Untuk mengetahui contoh surat dinas, surat pribadi, dan surat pembaca.

















BAB 2

PEMBAHASAN



A.    Pengertian dan Jenis Surat.





Surat adalah suatu media komunikasi tertulis berisi tentang informasi, tanggapan, dan saran yang disampaikan melalui sebuah tulisan dari penulis. Untuk mengirim surat tentunya kita harus mengetahui alamat orang yang dituju dan tidak lupa untuk menempelkan pranko. Pada zaman dahulu orang mesir sudah mulai melakukan surat menyurat sekitar tahun 2000 SM, sedangkan bangsa Indonesia mulai menggunakan surat pada zaman Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 Masehi.



Surat juga memiliki banyak jenis-jenisnya, yaitu : surat pembaca, surat pribadi, surat resmi, surat niaga, surat dinas, surat lamaran pekerjaan, dan surat elektronik. Mari kita fokus untuk ke surat pembaca, surat pribadi, dan surat dinas.



Jenis pertama adalah Surat Pembaca.



Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca pada suatu halaman surat kabar/koran, majalah, tabloid yang berisi tentang komentar/saran, tanggapan,  kritik, ajakan, dll. Surat pembaca dapat kita temui pada koran, tabloid, majalah dll. Namun sering juga saat kita membuka internet pada sebuah blogger, facebook, dll. Biasanya dalam bentuk komentar, agar penulis dapat mengetaui isi dari tanggapan tersebut. Bahasa yang sering digunakan adalah bahasa sehari-hari karena surat ini adalah tidak termasuk dalam surat resmi yang harus menggunakan bahasa baku, baik, dan benar atau bahasa tidak baku.





Jenis kedua adalah Surat Pribadi.





Surat pribadi adalah surat yang ditulis untuk kepentingan perseorangan. Biasanya surat pribadi adalah surat dari sahabat pena. Sahabat pena adalah sahabat yang berbicara melalu tulisan berupa surat dan saling balas membalaskan surat dari sahabatnya tersebut. Tiap orang pasti memiliki sahabat penanya masing-masing, sampai-sampai mereka tidak mau untuk lupa membalas surat dari sahabat penanya tersebut. Bahasa yang digunakan adalah biasa sehari-hari atau bahasa tidak baku.













Jenis ketiga adalah Surat Dinas



Surat dinas adalah surat yang ditujukan untuk kepentingan kerja formal yang dilakukan diluar dari petugasan dalam suatu proyek perusahaan / kantor. Sebelum melakukan pekerjaan diwajibkan untuk menyerahkan surat ini agar atasan/kepala perusahaan dapat mengetahui orang yang ditugaskan sesuai dengan yang dimintanya.        Contoh pekerjaan yang sering menggunakan surat dinas untul keperluan tugas adalah Pegwai Negri Sipil. Bahasa yang digunakan pada surat tersebut sama dengan surat resmi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku/ bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pada surat tersebut tercantum nama orang yang yang ditugaskan serta data-data pribadi yang diperkukan agar dapat dipastikan orang yang ditugaskan tidak salah.





B.     Fungsi Surat.



Setelah kita mengetahui pengertian dan jenis-jenis dari surat, kita juga coba untuk mempelajari fungsi surat. Adapun beberapa fungsi surat, yaitu sebagai alat komunikasi. Surat sebagai alat komunikasi adalah untuk menyampaikan beberapa informasi dari penulis kepada pembaca karena beberapa faktor yang menghambat sulitnya orang berkomunikasi secara langsung dengan cara bertatap muka yang dipengarui oleh jarak yang mungkin cukup jauh. Surat sebagai alat komunikasi digemari oleh beberapa kalangan contohnya pada zaman dahulu orang suka menulis surat, bahkan tiap orang memiliki sahabat penanya masing-masing. Beberapa keuntungan memakai surat juga mulai dirasakan oleh para kalangan misalnya lebih efektif, efesien, praktis, dan ekonomis.



 Fungsi kedua dari surat adalah sebagai penghemat waktu, biaya, dan tenaga. Orang dari beberapa kalangan menyukai menggunakan surat karena setelah menulis surat hanya tinggal dikirim dan tak lama sahabat pena juga membalas surat tersebut dalam jangka beberapa hari saja. Lalu menggunakan surat juga lebih murah dan ekonomis karena tidak perlu mengeluarkan banyak dana. Cukup membeli pranko di kantor pos dan ditempelkan pada bagian depan pada amplop lalu surat siap untuk dikirim. Dan juga menghemat tenaga karena tidak perlu susah payah untuk bertatap muka dengan orang yang ingin kita jumpai secara langsung. Cukup mewakili kita dalam tulisan dan bercerita/menginformasikan apa yang ingin kita beritahu kepada pembaca nantinya.



 Lalu fungsi surat yang ketiga adalah surat sebagai bukti tertulis. Jika terjadi dikemudian hari, surat dapat dijadikan sebagai acuan untuk beberapa bukti kepada seseorang yang telah meninggalkan kita. Contohnya seperti surat alhi waris, surat perjanjian, dan surat lainnya yang dapat diabadikan/diarsipkan untuk keperluan di kemudian hari nanti.















C.     Bahasa penulisan sebuah surat



Penulisan pada sebuah surat sangat berpengaruh untuk berbagai surat. Bahasa yang digunakan juga berbeda-beda. Ada yang menggunakan bahasa baku dan ada juga surat yang memakai bahasa tidak baku. Beberapa dibawah ini adalah beberapa bahasa penulisan dalam sebuah surat, yaitu penggunaan bahasa Indonesia dalam surat. Dalam penggunaan kata-kata yang belum dikaji  pada sebuah surat, sebenarnya tidak dibenarkan. Beberapa contohnya adalah ngapain, gimana, kenapa, entar, kasih, bikin, dll. Karena kata itu dianggap tidak baik dan kata yang di anggap baik adalah unsur 5W+1H dan yang benar adalah nanti, memberi, dan membuat. Lalu bahasa yg kedua adalah kata lazim. Kata lazim adalah pilihan-pilihan kata yang memakai beberapa istilah dalam bahasa Indonesia seperti : masukan bukan input, suku cadang bukan spare part, dan lain sebgainya. Begitu juga pada bahasa penulisan surat yang ketiga ini adalah menggunakan kata-kata yang cermat. Ada beberapa contoh kata yang memiliki arti yang sama tetapi harus cermat dalam memilihnya. Contohnya kata memohon dan meminta. Pada saat penulisan surat dinas, kepala dinas harus memilih kata sesuai dengan konteks atau pernyataaan surat tersebut. Lalu pada bahasa penulisan surat terakhir, yaitu ungkapan yang bersinonim. Sinonim berarti adalah ungkapan yang sama sebaliknya tidak digunakan sekaligus. Ungkapan bersinonim akan menimbulkan kesan meranik pada sebuh surat yang akan membuat surat tersebut baik dalam penulisannya.



D.    Contoh dari jenis-jenis surat.



Jika kita lihat dari pertama saya belom sempat memberikan contoh yang lebih jelas untuk surat pembaca. Maka dari itu saya akan memberikan contoh dari surat yang sekaligus menjadi penutup akhir rumusan masalah pada paper ini.




Yang pertama adalah surat pembaca, contoh dari surat pembaca adalah koran, majalah, tabloid, dsb. Surat pembaca adalah surat yang dibuat agar orang lain dapat membaca tentang suatu informasi yang didapat oleh beberapa orang/kalangan yang dimuat dalam bentuk berita/koran, dsb yang berisi komentar, tanggapan, saran, kritik, dan lain sebagainya.Contohnya seperti gambar disamping ini :









Gambar tersebut merupakan contoh dari koran yang merupakan salah satu contoh surat pembaca. Surat pembaca ini bersifat umum karena dapat dibaca oleh semua orang yang melihatnya.









Lalu yang berikut ini adalah salah satu gambar contoh surat dinas. Surat dinas adalah surat perintah kerja untuk melakukan pekerjaan yang ditugaskan oleh atasan. Surat dinas sangat lah perlu, karena jika tidak ada surat dinas saat bekerja maka bisa jadi ditindak sesuai hukum yang berlaku.





Gambar diatas adalah contoh surat dinas / surat penrintah tugas. Surat ini menjelaskan bahwa anda sah untuk melakukan tugas sesuai dengan alamat yang tertera pada surat tersebut. Surat tersebut lalu diberikan kepada atasan dari perusahaan lain dan berikan berkas-berkas yang ada dari perusahaan sebelumnya, seperti foto, ktp, kartu keluarga, dan lain sebagainya.













Lalu pada surat yang terakhir adalah contoh surat dari surat pribadi. Surat pribadi adalah surat yg kita dapatkan informasi dari teman/sahabat. Bahasa yang digunakan dapart disesuaikan dengan bahasa-bahasa yang sedang digunkan pada zaman sekarang. Bahasa yang digunakan untuk menulis surat pribadi tidak perlu menggukan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berikut adalah salah satu contoh surat pribadi.







Ada juga bagian-bagian dari surat pribadi. Ini adalah beberapa bagian yang terdapat pada surat pribadi yaitu tempat dan tanggal surat. Ini untuk memberitahukan kapan dan dimana anda menulis surat tersebut. Lalu alamat/tujuan surat, alamat sangat perlu untuk pengiriman sebuah surat. Jika ditemukan tidak ada alamat maka surat tersebut tidak dapat dikirim ke alamat yang akan dituju.



Selanjutnya adalah salam pembuka, disini pada penulis diminta untuk menyapa kepada sahabat penaseperti haii, hallo, apa kabarmu, dsb. Lalu ceritakan lah yang ingin anda katakana kepada sahabat pena anda untuk memberikan informasi di dalam isi surat. Lalu tidak lupa untuk menutup surat tersebut dengan cara menuliskan penutup surat, salam penutup, nama pengirim dan tanda tangan pengirim.















BAB 2

PENUTUP



A.    Kesimpulan



Adapun kesimpulan-kesimpulan yang telah dirangkum menjadi 1 paper pada kali ini. Yang pertama adalah pengertian surat. Surat adalah suatu alat/media komunikasi untuk mendapatkan/memberikan informasi, pendapat, kritik, dan saran. Pada kali ini juga kita dapat tahu surat-menyurat dimulai sejak tahun 2000 SM oleh bangsa mesir. Begitu juga dengan Kerajaaan Sriwijaya yang memulai surat-menyurat sejak tahun ke-7.




Adapun surat yang dianatnya resmi dan tidak resmi. Surat resmi adalah contoh surat yang hanya untuk perseorangan/kalangan tertentu dan telah diresmikan sesuai dengan yang tertulis di dalam surat tersebut. Sedangkan surat tidak resmi adalah surat pribadi. Yaitu surat yang asalnya darisahabat pena. Perbedaannya juga tampak pada penulisannya. Penulisan surat resmi menggunakan bahasa baku, baik dan bernar. Jika surat pribadi dapat menggunakan bahasa sehari-hari dan tidak wajib untuk menuliskannya secara baku.



Lalu ada juga kesimpulan dari surat. Surat adalah media komunikasih yang dianggap beberapa orang dan kalangan yang paling efesien, praktis, tidak membuang-buang waktu, tidak memakan biaya banyak. Cukup membeli pranko dan dapat dikirim melaluin bus pos atau kantor pos terdekat. Surat juga sebagai sarana komunikasi dan juga alat wakil tulis untuk mengemat waktu dan tenaga.



B.     Saran.



Adapun saran yang mungkin dapat diajukan sehingga kami mendapat pengetahuan dan dan berguna bagi semua orang. Diharapkan pada saat menulis surat resmi diperhatikan langkah-langkanya.





            Dan juga semua pelajar diwajibkan dapat membedakan surat resmi dengan surat tidak resmi, seperti tugas pribadi yaitu surat dari sahabat pena kita yang satu ini adalah contoh dari surat pribadi tersebut.



TERIMA KASIH.

Oleh : Pieter Samuel H. Bernardus
93-30

1 komentar:

  1. How to Make Money - Work Paper - Work-to-Earn
    You can 1xbet korean use any kind of cash 바카라 사이트 to make money on casino games. and have an easier time playing online casino games. หารายได้เสริม

    BalasHapus